Minggu, 20 September 2015

BISNIS PLAN



BAB I

PENDAHULUAN

A.    Nama dan Alamat Perusahaan
Nama usaha                 : FLANELIA AKSESORIS
Alamat produksi         :Jalan Taman Siswa , Sekaran Gunung Pati Semarang
No. Telp                      087837998061

B.     Informasi tentang bisnis yang dilaksanakan
Perusahaan kami bergerak di bidang perdagangan  yang menjual berbagai aneka aksesoris yaitu bross, jepit rambut, dan bando yang menarik dan cocok dengan selera masyarakat, khususnya untuk kaum remaja.
Sebelum kami menjalankan perusahaan yang kami rencanakan ini, maka kami harus mempunyai modal usaha. Untuk merencanakan pemasaran, perusahaan kami akan mempromosikan dan mendistribusikan produk kami melalui online maupun toko - toko accessories yang mudah terjangkau oleh para pembeli/konsumen.
Adapun maksud dan tujuan kami mendirikan perusahaan ini yaitu:
1.         Berperan aktif dalam bidang bisnis dan kewirausahaan,
2.         Mengembangkan kreativitas
3.         Memanfaatkan barang yang tidak berguna menjadi barang yang bernilai
Ekonomis
4.         Menyediakan kebutuhan pernak-pernikremaja,
5.         Mengurangi tingkat pengangguran,
6.         Menjalin persahabatan antara customer, dan
7.         Mendapatkan keuntungan atau laba.







BAB II
RANGKUMAN EKSEKUTIF

A.    LATAR BELAKANG
Sampah adalah sesuatu yang tidak digunakan, tidak dipakai, tidak disenangi atau sesuatu yang dibuang berasal dari kegiatan manusia dan tidak terjadi dengan sendirinya. Terutama sampah non organik yang susah membusuk sehingga sulit untuk diuraikan oleh organisme. Sampah juga menimbulkan banyak masalah terhadap lingkungan, seperti pencemaran tanah, air, dan udara, sehingga dapat mengganggu aktivitas dan kesehatan manusia. Belakangan ini banyak terobosan yang dapat dilakukan untuk mengurangi keberadaan sampah. Salah satu cara yang bisa dikembangkan dari adanya permasalahan tersebut adalah dengan cara memanfaatkan sampah untuk diolah menjadi barang yang lebih berguna, dan bernilai ekonomis.  contoh sampah yang masih bisa dimanfaatkan adalah kain perca. Kain perca adalah kain sisa guntingan yang berasal dari pembuatan pakaian, kerajinan, atau produk tekstil lainnya. Bagisebagian orang, kain perca mungkin bisa dikategorikan sebagai sampah, karena merupakan sisa dari kegiatan sebelumnya (sisa dari membuat pakaian. dll), namun sebenarnya kain perca dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar dalam pembuatan berbagai aksessoris cantik dan indah yang bernilai ekonomis.
Berdasarkan permasalahan di atas maka kami mengembangkan sebuah usaha dengan pemanfaatan sampah, yaitu membuat aksessoris seperti bross dan jepit rambut dengan kain perca. Dengan pemanfaatan kain perca sebagai bahan dasar pembuatan aksessoris maka masalah sampah akan sedikit teratasi, selain itu usaha yang dijalankan ini juga tidak membutuhkan modal yang besar, karena bahan bakunya dapat diperoleh dengan mudah. Usaha “FLANELIA AKSESORIS”  yang akan kami dirikan adalah jenis usaha kerajinan berskala kecil yang khusus hanya memproduksi BROSS dan JEPIT RAMBUT berbahan baku kain perca dan kain flanel. Alasan kami dalam memilih usaha kerajinan bross dan jepit rambut, kami dasarkan atas pertimbangan-pertimbangan sebagai beriktu; (a) bross dan jepit merupakan salah satu kebutuhan tersier yang diminati kaum wanita sebagai aksesoris untuk memperindah penampilannya  yang sudah banyak dikenal orang dan banyak disukai oleh semua kalangan, dari anak kecil sampai orang dewasa, dari kalangan rakyat kecil sampai kalangan kelas atas, (b) Bahan baku baku aksesoris yang terbuat dari kain perca dan kain flanel merupakan jenis bahan baku yang dapat diperoleh dengan mudah didaerah tempat kami akan melakukan usaha, (c). kami memiliki pengalaman dalam pembuatan berbagai aksesoris dari kain perca dan kain flanel.
B.     Visi dan Misi
Visi      : Mitra dan solusi bagi masyarakat dengan memberikan pelayanan atas kebutuhan dalam hal fashion yang up to date untuk memberikan warna dan gaya dalam kehidupan      kebutuhan dalam hal fashion yang up to date untuk memberikan warna dan gaya dalam kehidupan.
Misi     : Memberikan dan menerapkan pelayanan yang baik dan berkualitas demi kepuasaan pelanggan.
Motto  : “Beautifil Is Not Expensive”
C.     Waktu Operasional
Kami tidakmembatasiwaktu untukpelayanandalambisnisini.Pelanggan bisa membeli setiap saat karena kami menggunakan media internet yang bisa dijangkau kapan saja,sertapemasarandengansisitimkonsinyasi/penitipanpadatoko-toko accessories.
D.    Kesan / Counter Style
Kesan yang akan kami bangun dalam melayani pelanggan adalah ”kepuasan pelanggan” sehingga pelanggan merasa nyaman danpuasdenganproduk yang kami sediakan.
E.     Konsep Promosi
Konsep Promosi yang akan kami lakukan untuk measarkan produk adalah
1.    Membuatsebuah media promosimelalui internet denganpemasaransecara online.
2.    Melakukansistimpenitipanmelaluitoko - tokodanlingkungansekitar.
3.    Mempromosikan secara langsung (direct selling) kepada calon pembeli.
F.      Target Pelanggan
Target pelangganadalahsemuakalanganremaja, danibu-iburumahtangga yang sukadenganpernak-pernik accessories, khususnya mahasiswa di sekitar kampus Universitas Negeri Semarang.



BAB III
ANALISIS INDUSTRI

A.    Prespektif Masa Depan Usaha
Dengan terciptanya tempat usaha yang bergerak di bidang perdagangan, khususnya dalam hal aksesoris dengan promosi yang strategis, maka kami yakin usaha ini akan maju. Karena kebutuhan dan permintaan akan aksesoris di kalangan masyarakat  sangat besar.

B.     Analisis Persaingan
Berdasarkan pemantauan dan hasil survey yang ada,persaingan via online memanglahsangattinggi. Namun kami yakindengankreatifitas yang unikdanberkualitas, produk kami akanmampubersaing di pasarbisnis.

C.    Segmentasi Pasar yang akan dimasuki
FLANELIA AKSESORIS membidik pasar kelas menengah ke bawah, dengan pemberian harga yang terjangkau dan tidak menyulitkan. Pada prinsipnya kami akan membuka usaha ini dengan suasana kekeluargaan dan pelayanan yang baik, menerima pesanan sesuai keinginan pelanggan, sehingga membuat masyarakat merasa puas dengan layanan kami dan senantiasa kembali ke tempat kami.


BAB IV
DESKRIPSI USAHA
A.    Produk yang dihasilkan
Adapun produk yang kami hasilkan adalah sebagai berikut :
1.      Bando Flanel
2.      Bando Perca
3.      Bross Flanel
4.      Bross Perca
5.      Jepit Rambut Flanel
6.      Jepit Rambut Perca
Adapun kualitas produk atau mutu produk yang kami hasilkan memiliki beberapa keunggulan:
-          Dapat dipesan sesuai dengan keinginan konsumen
-          Memiliki Bermacam-macam bentuk dan ukuran sesuai dengan style yang uptodate
Selain itu, produk yang kami pasarkan mempunyai beberapa keistimewaan, diantaranya :
-          Produk kami memiliki harga yang terjangkau oleh kemampuan konsumen
-          Dibuat dengan kreatifitas yang tinggi
-          Bentuk dan style disesuaikan dengan selera masyarakat
B.     Ruang Lingkup Usaha
Ruang lingkup lingkup usaha accessories  ini kami rancang dengan sebaik mungkin karena semua itu bisa berpengaruh terhadap maju mundurnya perusahaan kami, maka dari itu kami berusaha memberikan sesuatu yang terbaik untuk konsumen, baik dari segi pelayanan terhadap konsumen dan menciptakanproduk yang berkualitas. Selainberorientasipadakepuasankonsumenhalterpentingdalamusaha kami adalahpemanfaatanbahanataukainperca yang sebelumnyatidakberguna, namundapatdijadikanbarang yang bernilaiekonomis, sehingga kami tidakhanyamementingkankemajuanperusahaan ,namuntetapmemperhatikankebersihandankesehatanlingkungan.





BAB V
RENCANA PRODUKSI
A.    Proses Produksi
Proses produksi yang kami jalankan dalam usaha kerajinan “FLANELIA AKSESORIS” ini kami orientasikan di sela – selawaktukesibukan kami sebagaimahasiswa&pekerja.
Adapun proses produksi aksesoris adalah
1.      Menyiapkan bahan dan alat yang diperlukan, diantaranya :
-          Kain Perca
-          Kain Flanel
-          Gunting
-          Lem Tembak
-          Peniti
-          Bando
-          Benang
-          Jarum
-          Manik-manik, pita, dan lain lain sebagai hiasan tambahan.
2.      Menyiapkan desain aksesoris yang akan dibuat
3.      Menggunting desain yang telah dibuat
4.      Membuat masing-masing bentuk dari desain yang telah dibuat
5.      Menambahkan hiasan pada aksesoris yang telah jadi untuk mempercantik tampilan
6.      Mengemas produk
A.    Sumber-sumber Produk / Bahan
Produk usaha kerajinan “FLANELIA AKSESORIS” dibuat dengan menggunakanbahan - bahansisa guntingan pembuatan pakaian pada penjahit, serta bahan dan perlengkapan lainnya kami beli dari toko alat jahit terdekat. Untuk packaging, kami menggunakan plastik berukuran kecil ditambah dengan label produk usaha kami.



BAB VI
RENCANA PEMASARAN

A.    Penetapan Harga
Harga yang akan dikenakan adalah harga yang diperkirakan akan terjangkau oleh masyarakat sekitar. Setelah memperhitungkan dengan cukup matang, akhirnya kami tetapkan sebagai harga awal berikut adalah tabel harga jasa produk yang ditawarkan.
No.
Jenis Produk
Harga
1
BrossFlanel
Rp.   2.500 – Rp 10.000,-
2
BrossPerca
Rp.   2.000 – Rp.  8.000,-
3
Bando Flanel
Rp.   4.000 – Rp. 15.000,-
4
Bando Perca
Rp.   4.000 – Rp. 12.000,-
5
JepitRambut Flanel
Rp.   2.000 – Rp.   7.000,-
6
Jepit Rambut Perca
Rp.   2.000 – Rp.   7.000,-

B.     Pelaksanaan Distribusi
Distribusi yang dilakukan perusahaan kami yaitu distribusi intensif, yaitu dengan mendekati konsumen dengan berbagai media promosi seperti media sosial, brosur, dan penjualan langsung (direct selling) agar dapat memaksimalkan penjualan produk dan lebih dekat dengan konsumen, sehingga lebih mudah dalam menghasilkan keuntungan.
C.    Strategi Promosi yang akan dilakukan
Strategi yang akan kami jalankan pada perusahaan ini antara lain :
1.      Memasang iklan di dunia internet melalui situs jejaring sosial seperti facebook dan twitter
2.      Melakukanpromosilangsung kepada calon konsumen
3.      Memberikan diskon sebesar 10% apabila melakukan pembelian lebih dari 40 unit.







BAB VII
PERENCANAAN ORGANISASI
A.    Struktur Organisasi
Struktur organisasinya yaitu :
Pemimpin Usaha                     : Uki Indri Puspita
Bagian Keuangan                    : Sherly Nurmala Dewi
Bagian Administrasi               : Dyah Fitri P
Bagian persediaan                   : Nur Chikmah
Bagian Produksi                      : Fanny Khumairoh                
Pemasaran                               : 1.Ulfatun Nadira
                                                              2.Nurhayati
B.     Job Description
1.    Pemimpin usahabertugasuntukmemantausemuaaspekproduksihinggadistribusi.
2.    Bagian Keuangan bertugas untuk membuat anggarandanlaporan keuangan
3.    Bagian administrasi bertugasuntukmembuatdanmenyiapkan data serta brosur yang diperlukan oleh bagian pemasaran.
4.    Bagian persediaan bertanggungjawabuntuksemuaketersediaanbahanbakuhinggabahanjadi
5.    Bagian produksi bertugas untuk membagi tugas dan mengkoordinasi dalam proses produksi
6.    Bagian Pemasaranberkonsentrasiuntukmelakukanpromosi - promosiproduk usaha kerajinan.

7.3.   Latar Belakang Tim Management
Latar belakang tim management ini terdiri dari beberapa mahasiswa yang mempunyai kreativitas yang tinggi dan memiliki jiwa kewirausahaan serta tujuan yang dapat memajukan usaha kerajinan aksesoris. Selain itu dituntut profesionalisme dalam menjalankan setiap pekerjaan.





BAB VIII
RISIKO
A.     Evaluasi Usaha (Analisis SWOT)
Strength (Kekuatan)
1.      Tim Manajemen yang bertanggung jawab, disiplin kerja, kreatif dan inovatif
2.      Dapat memenuhi kebutuhan fashion pelanggan
3.      Memberikan pelayanan terbaik terhadap pelanggan
4.      Menjual produk yang menarik
Weakness (Kelemahan)
1.      Persaingan pasar dengan perusahaan yang berskala nasional
2.      Berubahnya kondisi perekonomian
Oportunity (Peluang)
Harga produk terjangkau dan mudah didapat
Bahan baku yang murah dan banyak tersedia di sekitar lokasi produksi
Banyaknya Mahasiswi yang fashionable
1
Threat (Ancaman) :
Munculnya Perusahaan - perusahaan baru yang sejenis yang berusaha menyaingi perusahaan kami, dengan style-style terbaru.

B.     Gambaran tentang Masa Kini
Resiko yang dihadapi adalah berupa ancaman terhadap kelangsungan jumlah kunjungan pelanggan. Hal ini disebabkan semakin banyaknya outlet-outlet yang menjual accessories dengan lebih mudah dan murahataupun accessories yang berskala internasional. Dengan ini maka lambat laun akan semakin banyak orang yang mengunjungi accessories lainnya. Sebagai upaya untuk mengantisipasi hal ini, maka kami selalu memberikan dan menyediakan produk yang terbaru dan tentunya sesuai dengan selera dan kebutuhan masyarakat.Dengan begitu pelanggan akan memiliki keterkaitan dan terus merasa perlu untuk datang ke tempat kami



BAB IX
PERENCANAAN PERMODALAN
A.    Sumber-sumber permodalan
Sebagai sumber awal mula pendirian “FLANELIA AKSESORIS” yaitu dari investasi modal bersama para anggota pendiri usaha.
B.     Neraca Permulaan Perusahaan
Biaya produksi per bulan terdiri dari:
Modal Awal produksi

Pembelian bahan
-       Kain Perca
-       Kain Flanel
-       Manik-manik
-       Bando
-       Peniti
-       Pita
-       Lem bakar
-       Benang
Total pembelian bahan
Pembelian Peralatan :
-       Gunting
-       Jarum
-       Tembakan Lem
Total pembelian peralatan
Biaya Lain-lain :
-       Biaya transportasi
-       Biaya pengepakan
-       Biaya promosi (brosur,dll)

1 karung
10 m2
5 pcs
200 unit
2 set
5 roll
2 lusin
5


10
1 set
3

Rp   10.000,-
Rp   16.000,-
Rp     5.000,-
Rp     1.000,-
Rp   25.000,-
Rp   14.000,-
Rp     8.000,-
Rp     1.000,-


Rp     3.000,-
Rp     2.000,-
Rp   25.000,-

Rp10.000,-
Rp160.000,-
Rp25.000,-
Rp200.000,-
Rp50.000,-
Rp60.000,-
Rp16.000,-
Rp5.000,-
Rp526.000,-

Rp   30.000,-
Rp   2.000,-
Rp   75.000,-
Rp   107.000,-

Rp   200.000,-
Rp100.000,-
Rp150.000,-
Jumlah Biaya awal produksi

Rp1.083.000,-





C.     Break Event Point
Biaya Produksi ( 1 bulan @600 unit)
-          Biaya Variabel                                                                  Rp 526.000
-          Biaya tetap 10%X Rp 107.000                                         Rp 10.700
Total Biaya Produksi                                                        Rp 536.700
            Harga Produksi
-          Bross         400@2000                                                      Rp 800.000
-          Bando       200@4000                                                      Rp 800.000
Rp 1.600.000


D.    Proyeksi Aliran Kas
Untuk accessories kami proyeksi keuntungan kotor adalah 30% dari penghasilan. Rata - rata untuk accessories kami ini, akan mampu menjual sekitar Rp. 900.000 perbulan,
Sehingga, pada bulankedua, kami sudah bisa balik modal. Dan bulan ke  3, 4 dan seterusnya, kami tinggal mengumpulkan untung dan kemungkinan besar kami gunakan untuk ekspansi ke luar daerah.

F lampiran


Tidak ada komentar:

Posting Komentar