BAB I
PENDAHULUAN
A. Nama dan
Alamat Perusahaan
Nama usaha : FLANELIA
AKSESORIS
Alamat produksi :Jalan Taman
Siswa , Sekaran Gunung Pati Semarang
No. Telp : 087837998061
B. Informasi
tentang bisnis yang dilaksanakan
Perusahaan
kami bergerak di bidang perdagangan yang menjual berbagai aneka
aksesoris yaitu bross, jepit rambut, dan bando yang menarik dan cocok dengan selera masyarakat, khususnya untuk
kaum remaja.
Sebelum kami
menjalankan perusahaan yang kami rencanakan ini, maka kami harus mempunyai
modal usaha. Untuk merencanakan pemasaran, perusahaan kami akan mempromosikan
dan mendistribusikan produk kami melalui online maupun toko - toko accessories yang mudah terjangkau oleh para
pembeli/konsumen.
Adapun
maksud dan tujuan kami mendirikan perusahaan ini yaitu:
1.
Berperan aktif dalam bidang bisnis
dan kewirausahaan,
2.
Mengembangkan kreativitas
3.
Memanfaatkan barang yang tidak berguna
menjadi barang yang bernilai
Ekonomis
4.
Menyediakan kebutuhan pernak-pernikremaja,
5.
Mengurangi tingkat pengangguran,
6.
Menjalin persahabatan antara customer, dan
7.
Mendapatkan keuntungan atau laba.
BAB II
RANGKUMAN
EKSEKUTIF
A. LATAR BELAKANG
Sampah
adalah sesuatu yang tidak digunakan, tidak dipakai, tidak disenangi atau
sesuatu yang dibuang berasal dari kegiatan manusia dan tidak terjadi dengan
sendirinya. Terutama sampah non organik yang susah membusuk sehingga sulit
untuk diuraikan oleh organisme. Sampah juga menimbulkan banyak masalah terhadap
lingkungan, seperti pencemaran tanah, air, dan udara, sehingga dapat mengganggu
aktivitas dan kesehatan manusia. Belakangan ini banyak terobosan yang dapat
dilakukan untuk mengurangi keberadaan sampah. Salah satu cara yang bisa
dikembangkan dari adanya permasalahan tersebut adalah dengan cara memanfaatkan
sampah untuk diolah menjadi barang yang lebih berguna, dan bernilai
ekonomis. contoh sampah yang masih bisa
dimanfaatkan adalah kain perca. Kain perca adalah kain sisa guntingan yang
berasal dari pembuatan pakaian, kerajinan, atau produk tekstil lainnya. Bagisebagian orang, kain perca mungkin bisa dikategorikan
sebagai sampah, karena merupakan sisa dari kegiatan sebelumnya (sisa dari
membuat pakaian. dll), namun sebenarnya kain perca dapat dimanfaatkan sebagai
bahan dasar dalam pembuatan berbagai aksessoris cantik dan indah yang bernilai
ekonomis.
Berdasarkan
permasalahan di atas maka kami mengembangkan sebuah usaha dengan pemanfaatan
sampah, yaitu membuat aksessoris seperti bross dan jepit rambut dengan kain
perca. Dengan pemanfaatan kain perca sebagai bahan dasar pembuatan aksessoris
maka masalah sampah akan sedikit teratasi, selain itu usaha yang dijalankan ini
juga tidak membutuhkan modal yang besar, karena bahan bakunya dapat diperoleh
dengan mudah. Usaha “FLANELIA AKSESORIS”
yang akan kami dirikan adalah jenis usaha kerajinan berskala kecil yang
khusus hanya memproduksi BROSS dan JEPIT RAMBUT berbahan baku kain perca dan
kain flanel. Alasan kami dalam memilih usaha kerajinan bross dan jepit rambut,
kami dasarkan atas pertimbangan-pertimbangan sebagai beriktu; (a) bross dan
jepit merupakan salah satu kebutuhan tersier yang diminati kaum wanita sebagai
aksesoris untuk memperindah penampilannya
yang sudah banyak dikenal orang dan banyak disukai oleh semua kalangan,
dari anak kecil sampai orang dewasa, dari kalangan rakyat kecil sampai kalangan
kelas atas, (b) Bahan baku baku aksesoris yang terbuat dari kain perca dan kain
flanel merupakan jenis bahan baku yang dapat diperoleh dengan mudah didaerah
tempat kami akan melakukan usaha, (c). kami memiliki pengalaman dalam pembuatan
berbagai aksesoris dari kain perca dan kain flanel.
B. Visi dan Misi
Visi : Mitra dan
solusi bagi masyarakat dengan memberikan pelayanan atas kebutuhan dalam hal
fashion yang up to date untuk memberikan warna dan gaya dalam kehidupan kebutuhan dalam hal fashion yang up to
date untuk memberikan warna dan gaya dalam kehidupan.
Misi : Memberikan
dan menerapkan pelayanan yang baik dan berkualitas demi kepuasaan pelanggan.
Motto :
“Beautifil Is Not Expensive”
C. Waktu
Operasional
Kami
tidakmembatasiwaktu untukpelayanandalambisnisini.Pelanggan bisa membeli setiap
saat karena kami menggunakan media internet yang bisa dijangkau kapan saja,sertapemasarandengansisitimkonsinyasi/penitipanpadatoko-toko
accessories.
D. Kesan /
Counter Style
Kesan yang
akan kami bangun dalam melayani pelanggan adalah ”kepuasan pelanggan”
sehingga pelanggan merasa nyaman danpuasdenganproduk yang
kami sediakan.
E. Konsep
Promosi
Konsep
Promosi yang akan kami lakukan untuk measarkan produk adalah
1.
Membuatsebuah media
promosimelalui internet denganpemasaransecara online.
2.
Melakukansistimpenitipanmelaluitoko - tokodanlingkungansekitar.
3.
Mempromosikan secara langsung
(direct selling) kepada calon pembeli.
F. Target
Pelanggan
Target
pelangganadalahsemuakalanganremaja, danibu-iburumahtangga yang
sukadenganpernak-pernik accessories, khususnya mahasiswa di sekitar kampus
Universitas Negeri Semarang.
BAB III
ANALISIS
INDUSTRI
A. Prespektif
Masa Depan Usaha
Dengan
terciptanya tempat usaha yang bergerak di bidang perdagangan, khususnya dalam
hal aksesoris dengan promosi yang strategis, maka
kami yakin usaha ini akan maju. Karena kebutuhan dan permintaan akan aksesoris di
kalangan masyarakat sangat besar.
B. Analisis
Persaingan
Berdasarkan
pemantauan dan hasil survey yang ada,persaingan
via online memanglahsangattinggi. Namun kami yakindengankreatifitas yang
unikdanberkualitas, produk kami akanmampubersaing di pasarbisnis.
C. Segmentasi
Pasar yang akan dimasuki
FLANELIA
AKSESORIS membidik pasar kelas menengah ke bawah, dengan pemberian harga
yang terjangkau dan tidak menyulitkan. Pada prinsipnya kami akan membuka usaha
ini dengan suasana kekeluargaan dan pelayanan yang baik, menerima pesanan
sesuai keinginan pelanggan, sehingga membuat masyarakat merasa puas dengan
layanan kami dan senantiasa kembali ke tempat kami.
BAB IV
DESKRIPSI
USAHA
A. Produk yang
dihasilkan
Adapun produk yang kami hasilkan adalah sebagai berikut :
1.
Bando
Flanel
2.
Bando
Perca
3.
Bross
Flanel
4.
Bross
Perca
5.
Jepit
Rambut Flanel
6.
Jepit
Rambut Perca
Adapun
kualitas produk atau mutu produk yang kami hasilkan memiliki beberapa
keunggulan:
-
Dapat dipesan sesuai dengan
keinginan konsumen
-
Memiliki Bermacam-macam bentuk dan
ukuran sesuai dengan style yang uptodate
Selain itu,
produk yang kami pasarkan mempunyai beberapa keistimewaan, diantaranya :
-
Produk kami memiliki harga yang
terjangkau oleh kemampuan konsumen
-
Dibuat dengan kreatifitas yang
tinggi
-
Bentuk dan style disesuaikan dengan
selera masyarakat
B. Ruang
Lingkup Usaha
Ruang
lingkup lingkup usaha accessories ini
kami rancang dengan sebaik mungkin karena semua itu bisa berpengaruh
terhadap maju mundurnya perusahaan kami, maka dari itu kami berusaha memberikan
sesuatu yang terbaik untuk konsumen, baik dari segi pelayanan terhadap konsumen
dan menciptakanproduk yang berkualitas.
Selainberorientasipadakepuasankonsumenhalterpentingdalamusaha kami
adalahpemanfaatanbahanataukainperca yang sebelumnyatidakberguna,
namundapatdijadikanbarang yang bernilaiekonomis, sehingga kami
tidakhanyamementingkankemajuanperusahaan
,namuntetapmemperhatikankebersihandankesehatanlingkungan.
BAB V
RENCANA
PRODUKSI
A. Proses
Produksi
Proses
produksi yang kami jalankan dalam usaha kerajinan “FLANELIA AKSESORIS” ini kami orientasikan di sela – selawaktukesibukan kami
sebagaimahasiswa&pekerja.
Adapun
proses produksi aksesoris adalah
1.
Menyiapkan bahan dan alat yang
diperlukan, diantaranya :
-
Kain Perca
-
Kain Flanel
-
Gunting
-
Lem Tembak
-
Peniti
-
Bando
-
Benang
-
Jarum
-
Manik-manik, pita, dan lain lain
sebagai hiasan tambahan.
2. Menyiapkan
desain aksesoris yang akan dibuat
3. Menggunting
desain yang telah dibuat
4. Membuat
masing-masing bentuk dari desain yang telah dibuat
5. Menambahkan
hiasan pada aksesoris yang telah jadi untuk mempercantik tampilan
6. Mengemas
produk
A.
Sumber-sumber Produk / Bahan
Produk usaha
kerajinan “FLANELIA AKSESORIS” dibuat dengan menggunakanbahan
- bahansisa guntingan pembuatan pakaian pada penjahit, serta
bahan dan perlengkapan lainnya kami beli dari toko alat jahit terdekat. Untuk packaging, kami menggunakan plastik berukuran kecil ditambah dengan
label produk usaha kami.
BAB VI
RENCANA
PEMASARAN
A.
Penetapan Harga
Harga yang
akan dikenakan adalah harga yang diperkirakan akan terjangkau oleh masyarakat
sekitar. Setelah memperhitungkan dengan cukup matang, akhirnya kami tetapkan
sebagai harga awal berikut adalah tabel harga jasa produk yang ditawarkan.
No.
|
Jenis Produk
|
Harga
|
1
|
BrossFlanel
|
Rp. 2.500 – Rp 10.000,-
|
2
|
BrossPerca
|
Rp. 2.000 – Rp. 8.000,-
|
3
|
Bando Flanel
|
Rp. 4.000 – Rp.
15.000,-
|
4
|
Bando Perca
|
Rp. 4.000 – Rp.
12.000,-
|
5
|
JepitRambut Flanel
|
Rp. 2.000 – Rp. 7.000,-
|
6
|
Jepit Rambut Perca
|
Rp. 2.000 –
Rp. 7.000,-
|
B. Pelaksanaan
Distribusi
Distribusi
yang dilakukan perusahaan kami yaitu distribusi intensif, yaitu dengan
mendekati konsumen dengan berbagai media promosi seperti media sosial, brosur,
dan penjualan langsung (direct selling) agar dapat memaksimalkan penjualan
produk dan lebih dekat dengan konsumen, sehingga lebih mudah dalam menghasilkan
keuntungan.
C. Strategi
Promosi yang akan dilakukan
Strategi
yang akan kami jalankan pada perusahaan ini antara lain :
1. Memasang iklan
di dunia internet melalui situs jejaring sosial seperti facebook dan twitter
2. Melakukanpromosilangsung kepada calon konsumen
3. Memberikan
diskon sebesar 10% apabila melakukan pembelian lebih dari 40 unit.
BAB VII
PERENCANAAN
ORGANISASI
A. Struktur
Organisasi
Struktur
organisasinya yaitu :
Pemimpin
Usaha : Uki Indri
Puspita
Bagian
Keuangan : Sherly
Nurmala Dewi
Bagian
Administrasi :
Dyah Fitri P
Bagian
persediaan : Nur Chikmah
Bagian
Produksi : Fanny
Khumairoh
Pemasaran : 1.Ulfatun Nadira
2.Nurhayati
B. Job
Description
1.
Pemimpin usahabertugasuntukmemantausemuaaspekproduksihinggadistribusi.
2.
Bagian Keuangan bertugas untuk
membuat anggarandanlaporan keuangan
3.
Bagian administrasi bertugasuntukmembuatdanmenyiapkan data serta brosur yang diperlukan
oleh bagian pemasaran.
4.
Bagian persediaan bertanggungjawabuntuksemuaketersediaanbahanbakuhinggabahanjadi
5.
Bagian produksi bertugas untuk
membagi tugas dan mengkoordinasi dalam proses produksi
6.
Bagian Pemasaranberkonsentrasiuntukmelakukanpromosi - promosiproduk usaha
kerajinan.
7.3. Latar
Belakang Tim Management
Latar
belakang tim management ini terdiri dari beberapa mahasiswa yang mempunyai
kreativitas yang tinggi dan memiliki jiwa kewirausahaan serta tujuan yang dapat
memajukan usaha kerajinan aksesoris. Selain itu dituntut profesionalisme dalam
menjalankan setiap pekerjaan.
BAB VIII
RISIKO
A.
Evaluasi Usaha (Analisis
SWOT)
Strength (Kekuatan)
1. Tim
Manajemen yang bertanggung jawab, disiplin kerja, kreatif dan inovatif
2. Dapat
memenuhi kebutuhan fashion pelanggan
3. Memberikan
pelayanan terbaik terhadap pelanggan
4. Menjual
produk yang menarik
|
Weakness (Kelemahan)
1. Persaingan
pasar dengan perusahaan yang berskala nasional
2. Berubahnya
kondisi perekonomian
|
Oportunity (Peluang)
Harga produk terjangkau
dan mudah didapat
Bahan baku yang murah dan
banyak tersedia di sekitar lokasi produksi
Banyaknya Mahasiswi yang
fashionable
1
|
Threat (Ancaman) :
Munculnya Perusahaan - perusahaan baru yang sejenis
yang berusaha menyaingi perusahaan kami, dengan style-style terbaru.
|
B.
Gambaran tentang Masa Kini
Resiko yang
dihadapi adalah berupa ancaman terhadap kelangsungan jumlah kunjungan
pelanggan. Hal ini disebabkan semakin banyaknya outlet-outlet yang menjual
accessories dengan lebih mudah dan murahataupun accessories yang berskala internasional. Dengan ini maka
lambat laun akan semakin banyak orang yang mengunjungi accessories lainnya. Sebagai upaya untuk mengantisipasi hal ini,
maka kami selalu memberikan dan menyediakan produk yang terbaru dan
tentunya sesuai dengan selera dan kebutuhan masyarakat.Dengan begitu pelanggan
akan memiliki keterkaitan dan terus merasa perlu untuk datang ke tempat kami
BAB IX
PERENCANAAN
PERMODALAN
A.
Sumber-sumber permodalan
Sebagai
sumber awal mula pendirian “FLANELIA AKSESORIS” yaitu dari investasi modal
bersama para anggota pendiri usaha.
B.
Neraca Permulaan Perusahaan
Biaya
produksi per bulan terdiri dari:
Modal Awal produksi
|
|||
Pembelian bahan
-
Kain Perca
-
Kain Flanel
-
Manik-manik
-
Bando
-
Peniti
-
Pita
-
Lem bakar
-
Benang
Total pembelian bahan
Pembelian
Peralatan :
-
Gunting
-
Jarum
-
Tembakan Lem
Total pembelian peralatan
Biaya
Lain-lain :
-
Biaya transportasi
-
Biaya pengepakan
-
Biaya promosi (brosur,dll)
|
1 karung
10
![]()
5 pcs
200 unit
2 set
5 roll
2 lusin
5
10
1 set
3
|
Rp 10.000,-
Rp 16.000,-
Rp 5.000,-
Rp 1.000,-
Rp 25.000,-
Rp 14.000,-
Rp 8.000,-
Rp 1.000,-
Rp 3.000,-
Rp 2.000,-
Rp 25.000,-
|
Rp10.000,-
Rp160.000,-
Rp25.000,-
Rp200.000,-
Rp50.000,-
Rp60.000,-
Rp16.000,-
Rp5.000,-
Rp526.000,-
Rp 30.000,-
Rp 2.000,-
Rp 75.000,-
Rp 107.000,-
Rp 200.000,-
Rp100.000,-
Rp150.000,-
|
Jumlah Biaya awal produksi
|
|
Rp1.083.000,-
|
C.
Break Event Point
Biaya Produksi ( 1 bulan @600 unit)
-
Biaya Variabel Rp
526.000
-
Biaya tetap 10%X Rp 107.000 Rp
10.700
Total Biaya
Produksi Rp
536.700
Harga Produksi
-
Bross 400@2000 Rp
800.000
-
Bando 200@4000 Rp
800.000
Rp 1.600.000
D.
Proyeksi Aliran Kas
Untuk accessories kami proyeksi keuntungan kotor adalah 30% dari
penghasilan. Rata - rata untuk accessories kami ini, akan mampu menjual sekitar Rp. 900.000 perbulan,
Sehingga,
pada bulankedua, kami sudah bisa balik modal. Dan bulan ke 3, 4 dan seterusnya, kami tinggal
mengumpulkan untung dan kemungkinan besar kami gunakan untuk ekspansi ke luar
daerah.
F lampiran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar