Minggu, 20 September 2015


STATEGI PEMASARAN
Description: http://unnes.ac.id/wp-content/uploads/logo-unnes.jpg









Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Manajemen Pemasaran
Dosen Pembimbing : Ibu Endah Prapti Lestari
Disusun oleh : Sherly Nurmala Dewi
7211413006
Akuntansi A 2013

FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2014
1.      STRATEGI PENETRASI PASAR
A. Pengertian Strategi Penetrasi Pasar
            Menurut Sofyan Assauri, Strategi penetrasi pasar adalah suatu strategi yang dilakukan oleh suatu perusahaan untuk meningkatkan penjualanya atas produk dan pasar yang telah tersedia melalui usaha -usahapemasaran yang lebih agresif.
              Penetrasi pasar juga dapat diartikan memperkuat diri di pasar yang sudah dikuasai dengan menjual produk/jasa yang sama.
Penetrasi pasar berusaha untuk mencapai empat tujuan utama:
1.      Mempertahankan atau meningkatkan pangsa pasar produk ini, hal ini dapat dicapai oleh kombinasi dari strategi harga yang kompetitif, iklan, promosi penjualan dan mungkin lebih banyak sumber daya pribadi yang didedikasikan untuk menjual.
2.      Aman dari dominasi pertumbuhan pasar.
3.      Restrukturisasi pasar yang matang oleh maneuver dari competitor, ini akan memerlukan agresifitas kampanye promosi yang gencar, didukung oleh sebuah strategi harga yang dirancang untuk membuat pasar “kurang menarik“ bagi kompetitor.
4.      Meningkatkan penggunaan oleh pelanggan yang ada, contohnya: memperkenalkan program loyalitas konsumen Implementasi penetrasi pasar sebagai strategi pemasaran di kondisikan sebagai "bisnis seperti biasa". Penetrasi pasar haruslah di eksekusi pada bisnis yang berfokus hanya pada pasar dan produk yang sangat di pahami oleh marketer tersebut. diperlukan juga intelegent pemasaran untuk mendapatkan informasi tentang kompetitor dan kebutuhan pelanggan. Karena itu, strategi ini akan memerlukan banyak investasi baru dalam penerapannya sebab harus didahului oleh riset pasar.

B.  Ciri-ciri Strategi Penetrasi Pasar
1.      Mempertahankan atau meningkatkan pangsa pasar untuk produk-produk terkini iklan, promosi, harga yg kompetitif
2.      Mempertahan dominasi pertumbuhan pasar
3.      Merestrukturisasi pasar yang ada untuk menekan pesaing promosi lebih gencar & didukung oleh strategi harga
4.      Meningkatkan jumlah penggunaan bagi pelanggan yang ada layanan berbasis loyalitas
5.      Meningkatan jumlah tenaga penjualan, peningkatan pembelanjaan iklan, penawaran barang-barang promosi secara ekstensif (besar-besaran), atau peningkatan upaya-upaya publisitas.

C.  Karakteristik Strategi Penetrasi Pasar
1.      Meningkatkan pangsa pasar untuk produk/jasa saat ini di pasar melalui upaya pemasaran yang lebih besar
2.      Alasan paling utama dipilihnya strategi penetrasi ini adalah ketika perusahaan tersebut merasakan dan meyakini pasar yang sekarang ini telah exist akan dapat bertumbuh lagi.
3.      Umum diterapkan baik sendiri maupun sebagai kombinasi dengan strategi lainnya

D. Contoh Strategi Penetrasi Pasar
1.      SABMiller Plc menghabiskan $500 juta tahun 2003 untuk memasarkan bir merek Miller
2.      Misal produk Indomie, ketika isinya sama dari dulu kala, namun pendekatan kepada pengecer, para penjual semakin baik agar tetap konsisten menjual merek Indomie.
3.      McDonald untuk memberikan berbagai cinderamata menarik
4.      Promosi yang intensif dari A-Mild Sampoerna dan berbagai perusahaan rokok lainnya














2.      STRATEGI PENGEMBANGAN PASAR
A.    Pengertian Strategi Pengembangan Pasar
            Pengembangan pasar adalah upaya yang dilakukan ketika pasar lama sudah jenuh, stabil, maka bisa melakukan upaya untuk membuka di pasar yang baru. Pengembangan pasar merupakan nama yang diberikan kepada suatu strategi pertumbuhan, di mana unit bisnis berusaha untuk menjual produk-produk yang telah ada di pasar-pasar yang baru.

B.     Ciri-ciri Strategi Pengembangan Pasar
1.      Pasar geografis baru => Negara baru tujuan ekspor
2.      Dimensi produk dan kemasan
3.      Saluran distribusi baru
4.      Kebijakan harga yg berbeda menarik pelanggan atau menciptakan segmen pasar baru.

C.     Karakteristik Strategi Pengembangan Pasar
1.      Memperkenalkan produk/jasa saat ini ke area geografis yang baru
2.      Produk yang ditawarkan adalah produk existing

D.    Contoh Strategi Pengembangan Pasar
1.      Maskapai penerbangan JetBlue menambahkan puluhan rute baru
2.      Produk unilever yang biasanya terus menerus mengganti isi pepsodent beserta kemasannya agar selalu tampil baru dan segar.
3.      Makro, Alfa, Holland Bakery, Matahari dan berbagai perusahaan lainnya, membuka gerai baru di berbagai lokasi











3.      STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK
A.    Pengertian Strategi Pengembangan Produk
            Pengembangan produk adalah nama yang diberikan kepada suatu strategi pertumbuhan di mana sebuah unit bisnis memperkenalkan produk baru ke pasar-pasar yang telah ada.

B.     Ciri-ciri Strategi Pengembangan Produk
1.      Memperkenalkan produk baru pada pasar yang sudah ada
2.      Memerlukan kompetensi baru
3.      Memerlukan usaha pengembangan produk-produk modifikasi

C.     Karakteristik Strategi Pengembangan Produk
1.      Meningkatkan penjualan memlalui perbaikan produk/jasa saat ini atau mengembangkan produk/jasa baru
2.      Pasar yang menyerapnya adalah pasar yang existing
3.      Produsen berupaya merebut pasar dengan menawarkan produk substitusi (produk yang memiliki nilai lebih) terhadap produk sebelumnya.
4.      Biasanya strategi pengembangan produk tercermin pada biaya penelitan dan pengembangan (Research and Development) yang besar

D.    Contoh-contoh Strategi Pengembangan Produk
1.      GM mengembangkan mobil bertenaga Hidrogen
2.      Pfizer mengembangkan pil anti merokok baru.
3.      Rinso dengan berbagai variannya serta Pepsodent dengan berbagai variannya merupakan contoh dari strategi ini.










4.      STATEGI DIVERSIFIKASI
A.    Pengertian Strategi Diversifikasi
            Diversifikasi Produk adalah upaya yang dilakukan pengusaha /produsen /perusahaan untuk mengusahakan atau memasarkan beberapa produk yang sejenis dengan produk yang sudah dipasarkan sebelumnya.
a.      Concentric Diversification
Diversifikasi terkonsentrasi merupakan suatu strategi yang menghasilkan produk atau layanan baru tetapi berhubungan/terkait dengan yang telah ada. Contoh dari strategi ini adalah Harian Kompas yang memunculkan berbagai suratkabar, tabloid, dan majalah baru.
b.      Horizontal Diversification
Jika suatu perusahaan menerapkan strategi yang menambah produk atau layanan baru yang tidak berhubungan/terkait dengan yang telah ada, tetapi ditujukan kepada pasar/ konsumen yang telah ada disebut sebagai diversifikasi horizontal. Perhatikan Garuda Indonesia Airways yang memiliki beberapa jaringan hotel di Indonesia.
c.       Conglomerate Diversification
Ketika suatu perusahaan menambah suatu produk atau layanan baru yang tidak terkait/ berhubungan dengan yang sekarang ada, maka strategi tersebut disebut sebagai diversifikasi konglomerat. Pada beberapa kasus terjadi bahwa strategi ini dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan melalui aktivitas memecah perusahaan yang telah dibeli atau menjual kembali salah satu atau lebih devisinya. Ketika Lippobank memutuskan untuk bergerak di sektor properti atau ketika Bimantara memasuki sektor televisi merupakan dua contoh strategi konglomerasi. Demikian pula Maspion dengan Maspion Bank-nya.

B.     Ciri-ciri Strategi Diversifikasi
1.      Memerlukanperhitunganstrategiygcermatkarenabisnisbergerakkepasar
2.      Didasariolehgagasanyang jelasmengenaiapayang hendakdiperolehsertapenilaianyang jujuratasresiko.

C.     Karakteristik Strategi Diversifikasi
1.      Menambahkan produk/jasa baru yang masih berkaitan dengan produk/jasa lama
2.      Digunakan pada Perusahaan yang bergerak di wilayah bisnis yang mengalami kecenderungan menurun (decline).

D.    Contoh-contoh Strategi Diversifikasi
1.      PRODUK DARI PT. WINGS :
- Mie Sedap
- Sabun Colek Wings Biru
- Detergen Daia
- calpico
- Wipol pembersih lantai
- ciptadent
2.      Produk dari PT.Unilever
-    Pepsodent
-    Lifeboy
-    Lux
-    Rinso
-    Vaseline
-    Pure it
-    Citra
-    Pond’s


1 komentar:

  1. informatif :) ijin copas ya ka, sumber di cantumkan kok.. terimakasih

    BalasHapus